Jumat, 01 Maret 2013

Tata Surya

Anggota Tata Surya

Tata surya merupakan suatu sistem yang terdiri alas matahari dan benda-bendalangit yang beredar mengelilinginya. Karena diedari oleh benda-benda langit disekelilingnya. matahari dikatakan sebagai pusat tata surya. Dalam peredarannya,benda-benda langit tersebut mempunyai lintasan edar tertentu yang berbentukelips dengan matahari terletak pada salah satu fokusnya. Peredaran benda langitmengelilingi matahari disebut revolusi. Adapun bidang edar yang terbentuk olehbumi disebut ekliptika. Dalam revolusinya, anggota tata surya pada suatu saatberada pada jarak yang paling dekat dengan matahari (periheIium) dan pada saatyang lain berada pada jarak yang paling jauh dari matahari (aphelium). Hal itudijelaskan oleh Johannes Kepler seperti berikut. Lintasan planet (anggota tala     surya) berbentuk elips dengan matahari terletak pada salah satu titik     fokusnya. Garis hubung planet dan     matahari menyapu luasan yang sama dalam waktu yang sama (AMB = CMD). Artinya,gerak planet akan cepat jika dekat matahari dan lambat jika jauh dari matahari.Penjelasan Kepler tersebut selanjutnya disebut hukum Kepler. Penjelasan pertamadisebut hukum I Kepler, sedangkan penjelasan kedua disebut hukum II Kepler.Selain kedua hukum itu, sebenarnya masih ada hukum III Kepler. Hukum inimenjelaskan perbandingan jarak antara planet dan matahari. Mengapa gerakanplanet-planet sangat teratur? Peredaran planet mengitari matahari dikendalikanoleh gaya tarik-menarik anrara planet dan matahari yang disebut gaya gravitasi.Jika jarak antara planet dan matahari makin dekat, gaya gravitasi yang terjadidi antara keduanya makin besar. Akibatnya. gerak revolusi planet makin cepat.Sebaliknya jika jarak antara matahari dan planet makiu jauh. gaya gravitasiyang terjadi di antara keduanya makin kecil. Akibatnya. gerak revolusi planetmakin lambat. Hal ini sesuai dengan hukum Kepler.
Mengapa planet-planet dan anggota tata surya lainnya beredar mengelilingimatahari? Massa matahari sangat besar. sekitar 333.000 kali massa bumi. Adapunmassa planet terbesar (Yupiter) hanya sekitar 300 kali massa bumi. Jadi, massamatahari hampir-hampir merupakan massa keseluruhan tata surya. Perbedaan massayang sangat besar inilah yang menyebabkan seluruh anggota tata surya beredarmengelilingi matahari.
Planet


Planetmerupakan anggota tata surya yang berukuran besar. Selain berevolusi, planetjuga melakukan rotasi. yaitu berputar pada sumbunya. Semua sumbu rotasi planethampir mendekati tegak lurus terhadap bidang orbitnya, kecuali sumbu rotasiplanet Uranus. Sumbu rotasi planet Uranus hampir sejajar terhadap bidangorbitnya. Setiap planet mempunyai periode revolusi dan rotasi tertentu. Sampaisekarang, jumlah planet anggota tara surya yang telah diketahui ada 8 buah.Planet-planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus,Uranus. dan Neptunus.
Berdasarkan kedudukan garis edarnya planet-planet dapat dibagi menjadi duakelompok, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet yanggaris edarnya terletak di antara garis edar bumi dan matahari yaitu Merkuriusdan Venus. Adapun planet luar adalah planet-planet yang jarak garis edarnyadari matahari lebih jauh dari pada garis edar bumi. Yang termasuk planet luaradalah Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Di antara planet-planettersebut yang dapat dilihat langsung dengan mata adaiah Merkurius, Venus, Mars,Yupiter, dan Saturnus.
Venus dan Yupiter merupakan planet yang tampak paling terang Venus hanya tampakdi pagi hari atau sore hari. Venus mengalami perubahan wajah seperti bulan.Orang sering menyebut Venus sebagai bintang kejora. Adapun Yupiter merupakanplanet yang paling besar. Itulah sebabnya, Yupiter tampak dari bumi sebagaibintang besar yang bercahaya terang. Yupiter selalu dikelilingi kabut yangmempunyai cincin. Planet lain yang juga bercincin adalah Saturnus. Bahkan,cincin Saturnus tampak lebih jelas dan indah. Itulah sebabnya Saturnus jugadisebut planet bercincin.
Komet

 Artikata komet adalah si rambut panjang. Komet merupkan anggota tata surya yangmempunyai orbit sangat lonjong. Jumlah komet banyak sekali. Orbit kometmembentuk sudut terhadap ekliptika. Oleh karena itu, periode komet sangatbesar. Itulah sebabnya, komet terlihat pada selang waktu yang sangatlama.Misalnya, komet Halley yang muncul setiap 75 atau 76 tahun sekali.
Selang waktu kemunculan komet menunjukkan revolusi komet itu Sewaktu kometbergerak mendekati matahari lapisan gas di permukaan terdesak oleh sinarmatahari. Lapisan gas yang terdesak tersebut memanjang menyerupai ekor yangpanjangnya dapat mencapai jutaan kilometer. Ekor tersebut selalu membelakangimatahari. Itulah sebabnya komet sering disebut sebagai bintang berekor. Panjangekor maksimum tercapai pada saat orbit komet mencapai titik perihelium.
Meteorid

Diangkasa terdapat benda langit yang jumlahnya tak terhingga. Benda itu ukurannyakecil dan orbitnya tidak beraturan. Benda-benda tersebut disebut meteoroid.Meteoroid yang meluncur ke bumi dan mengeluarkan lintasan cahaya disebutmeteor. Lintasan cahaya itu terjadi karena adanya gesekan dengan atmosfer bumiWalaupun jarang sekali terjadi, meteoroid tersebut ada juga yang sampai kepermukaan bunii (tidak habis terbakar). Meteoroid yang sampai ke permukaan bumidisebut meteorit. Meteorit ini dapat menimbulkan gempa bumi dan kawah yangbesar.
Asteroid

Diantara orbit planet Mars dan Yupiter terdapat lebih dari seratus ribu benda-bendalangit. Di antara benda-benda tersebut yang sudah dapat diidentifikasikira-kira 2.000 jenis. Benda-benda tersebut dinamakan asteroid. Asteroidartinya yang menyerupai bintang. Sifat benda-benda tersebut diduga sama denganplanet. Hanya, ukurannya lebih kecil. Oleh karena itu, asteroid juga seringdisebut planetoid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar